Biaya Pembuatan Kolam Renang: Cara Menghitung Dan Tips Hemat

Biaya pembuatan kolam renang

Apakah Anda bermimpi memiliki kolam renang pribadi di rumah Anda? Jika ya, maka Anda mungkin bertanya-tanya berapa biaya pembuatan kolam renang yang harus Anda siapkan. Kolam renang adalah salah satu fasilitas yang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga Anda. Anda dapat berenang kapan saja, berolahraga, bersantai, atau mengadakan pesta di kolam renang Anda sendiri.

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat kolam renang, ada baiknya Anda mengetahui cara menghitung biaya pembuatan kolam dan tips menghemat anggaran kolam renang.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Kolam Renang

Biaya pembuatan kolam renang

Biaya pembuatan yang keluarkan untuk kolam renang tergantung pada beberapa hal, antara lain:

Ukuran Kolam Renang

Semakin besar ukuran kolam renang, semakin tinggi biayanya. Ukuran kolam renang biasanya diukur dalam meter persegi (m2). Rata-rata, biaya pembuatan kolam renang berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per m2.

Bentuk Kolam Renang

Bentuk kolam renang yang sederhana dan standar, seperti persegi panjang atau oval, biasanya lebih murah daripada bentuk yang unik dan kompleks, seperti huruf atau bintang. Bentuk kolam renang yang rumit membutuhkan lebih banyak bahan dan tenaga kerja.

Bahan Kolam Renang

Bahan yang digunakan untuk membuat kolam renang juga mempengaruhi biayanya. Ada beberapa jenis bahan yang umum digunakan untuk membuat kolam renang, seperti beton, fiberglass, vinil, dan baja. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Desain Kolam Renang

Desain kolam renang meliputi berbagai aspek, seperti kedalaman, warna, lantai, dinding, tangga, filter, pompa, lampu, aksesori, dan lain-lain. Semakin banyak fitur dan detail yang Anda inginkan untuk kolam renang Anda, semakin tinggi biayanya. Anda dapat memilih desain kolam renang yang sesuai dengan selera dan anggaran Anda.

Lokasi Kolam Renang

Lokasi kolam renang juga berpengaruh pada biayanya. Jika Anda ingin membuat kolam renang di dalam ruangan (indoor), Anda harus mempertimbangkan biaya kolam renang di dalam rumah, pencahayaan, ventilasi, isolasi, dan pemanas. Jika Anda ingin membuat kolam renang di luar ruangan (outdoor), Anda harus mempertimbangkan biaya penggalian tanah, drainase, pagar pengaman, dan penutup.

Untuk menghitung biaya pembuatan kolam renang secara kasar, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

Biaya pembuatan kolam renang = (Ukuran x Harga per m2) + (Bentuk x Persentase) + (Bahan x Persentase) + (Desain x Persentase) + (Lokasi x Persentase)

Persentase adalah faktor kenaikan harga yang tergantung pada tingkat kesulitan atau keunikan dari setiap aspek. Misalnya, jika bentuk kolam renang Anda adalah persegi panjang standar, maka persentasenya adalah 0%. 

Jika bentuknya adalah huruf L yang lebih rumit, maka persentasenya adalah 10%. Demikian pula untuk bahan, desain, dan lokasi. Pelajari juga bagaimana cara membersihkan kolam renang Anda.

Contoh:

Anda ingin membuat kolam renang dengan ukuran 8 x 4 m2, bentuk persegi panjang, bahan fiberglass, desain sederhana, dan lokasi outdoor. Harga pembuatan kolam renang per m2 adalah Rp 4 juta. Persentase untuk bentuk, bahan, desain, dan lokasi adalah 0%, 5%, 10%, dan 15%.

  • Biaya pembuatan = (8 x 4 x Rp 4 juta) + (8 x 4 x Rp 4 juta x 0%) + (8 x 4 x Rp 4 juta x 5%) + (8 x 4 x Rp 4 juta x 10%) + (8 x 4 x Rp 4 juta x 15%)
  • Biaya pembuatan = Rp 128 juta + Rp 0 + Rp 6,4 juta + Rp 12,8 juta + Rp 19,2 juta
  • Biaya pembuatan = Rp 166,4 juta

Trik Menghemat Anggaran Kolam Renang

Sekarang sudah paham tentang biaya pembuatan kolam renang. Namun seperti yang diketahui, membuat kolam renang memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, ada trik yang dapat Anda lakukan untuk menghemat anggaran kolam renang Anda seperti memilih ukuran yang sesuai.

Ukuran kolam renang yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat menyebabkan pemborosan biaya. Anda harus memilih ukuran kolam renang yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas Anda. 

Misalnya, jika Anda hanya ingin berenang sendiri atau bersama pasangan, maka ukuran kolam renang yang kecil sudah cukup. Cek juga 9 inspirasi kolam renang mewah saat ini.

Jika Anda ingin berenang bersama keluarga atau teman-teman, maka ukuran kolam renang yang sedang sudah cukup. Demikianlah penjelasan mengenai biaya pembuatan kolam renang.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Cat Mengelupas Secara Efektif!

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 1 =