Berikut Cara untuk Memulai Kerjasama dengan Media Partner yang Wajib Kamu Ketahui

Cara untuk Memulai Kerjasama dengan Media Partner

Apakah Anda seorang mahasiswa dan mengadakan acara atau kegiatan lomba di kampus? Anda bisa memaksimalkan promosi acara tersebut dengan bekerja sama dengan beberapa media partner dan mempelajari cara untuk memulai kerjasama dengan media partner terlebih dahulu. 

Selain pilihan promosi yang lebih banyak, membangun hubungan dengan kemitraan media juga meningkatkan nilai acara. Siswa memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan media partnership. Caranya tidak serumit yang Anda bayangkan. Yang paling penting adalah membuat sebuah media yakin dengan Anda.

Berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda menemukan mitra media partner agar acara Anda semakin sukses!

4 Cara untuk Memulai Kerjasama dengan Media Partner

Cara untuk Memulai Kerjasama dengan Media Partner
  1. Cari tahu lebih lanjut tentang kegiatan atau acara

Sebelum mulai mencari media partner, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu tentang kegiatan yang akan diselenggarakan. Mulai dari latar belakang kegiatan, tujuan, target audiens, target peserta, budget, bintang tamu atau narasumber dan tujuan yang dicapai.

Informasi ini nantinya akan menjadi acuan untuk membantu Anda menentukan media yang tepat untuk acara yang Anda buat. Selain itu, juga bisa menjadi referensi untuk memebuat proposal.

  1. Susun Database Media Partnership

Langkah selanjutnya cara untuk memulai kerjasama dengan media partner  adalah mulai menyusun daftar media partner yang akan menjadi kandidat rekanan media yang Anda inginkan. Langkah pertama adalah mengecek kesesuaian media dengan kelompok sasaran yang diinginkan. Karena setiap media memiliki gaya yang berbeda dan target audiens yang berbeda.

Pertama, pilih media yang yang targetnya, citra dan objektifnya tujuannya sama dengan acara yang Anda selenggarakan. Secara khusus juga dilandasi optimisme untuk menciptakan kerjasama. Ini memungkinkan Anda untuk memprioritaskan mitra media mana yang harus lebih Anda fokuskan.

Artikel terkait: Soft Selling Adalah, Kelebihan dan Contoh

  1. Membuat proposal kerjasama yang menarik

Setelah Anda memiliki daftar media partner yang sesuai, Anda dapat mulai menawar. Buat rencana kolaboratif yang menguntungkan kedua belah pihak. Juga menawarkan manfaat kepada calon mitra media.

Fokus pada karakteristik dan keunikan acara yang Anda selenggarakan. Sehingga memiliki nilai lebih untuk surat kerjasama media partner. Juga, pastikan Anda membuat pernyataan niat yang jelas dan terperinci. Jangan asal copy paste transaksi MoU lainnya karena setiap MoU bertindak sebagai jembatan hukum dalam kerjasama profesional.

  1. Bacalah letter of intent dan perjanjian kerjasama dengan seksama

Selama proposal kerjasama Anda transparan, ada media yang menyatakan keinginannya untuk mensukseskan acara Anda. Namun sebelum Anda menandatangani sesi kontrak, ada baiknya Anda membaca baik-baik letter of intent dari outlet media tersebut. 

Waspadai risiko, manfaat, kerugian, dan kewajiban. Karena setiap peristiwa dan hubungan kerja sama memiliki  kontrak perjanjian yang berbeda. Anda juga harus menjelaskan kepada rekan media Anda tentang MoU yang Anda buat. Sehingga kerja sama dengan rekan media mengalir lancar dan saling menghargai.

Jadi, Anda dapat menggunakan beberapa poin cara untuk memulai kerjasama dengan media partner di atas. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan proposal terbaik yang dapat menggambarkan garis besar rencana kegiatan atau acara Anda, sehingga media partner tempat Anda bekerja mengetahui detail kegiatan tersebut.

Baca juga: Contoh Rebranding Sukses Yang Perlu Diketahui


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + 2 =