Contoh Menulis Press Release Agar Dimuat di Media Massa

Contoh Menulis Press Release Agar Dimuat di Media Massa

Sebagai suatu entitas atau organisasi, mengeluarkan berita atau pengumuman melalui press release adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran publisitas terhadap kegiatan atau acara yang dilaksanakan. Namun, menulis press release yang efektif bukanlah hal yang mudah, terutama jika tujuannya adalah untuk dimuat di media massa. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan dan contoh-contoh tentang cara menulis press release yang efektif agar dimuat di media massa.

Panduan Menulis Press Release

  1. Tentukan Tujuan dan Pesan Utama

Sebelum mulai menulis press release, tentukan terlebih dahulu tujuan dan pesan utama dari berita atau pengumuman yang akan disampaikan. Pastikan pesan utama tersebut dapat dengan jelas dilihat oleh pembaca di awal kalimat pertama.

  1. Gunakan Format yang Tepat

Gunakan format yang tepat untuk press release Anda. Format yang umum digunakan adalah format inverted pyramid, dimana informasi paling penting diletakkan di bagian awal, diikuti oleh informasi yang lebih detail dan kurang penting. Gunakan font yang mudah dibaca dan pastikan press release Anda memiliki judul yang menarik perhatian.

  1. Sertakan Informasi Kontak

Pastikan untuk menyertakan informasi kontak yang jelas dan mudah dihubungi di akhir press release, seperti nomor telepon, alamat email, dan alamat situs web.

  1. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan istilah teknis atau frasa yang terlalu rumit. Pastikan press release Anda dapat dimengerti oleh pembaca yang tidak memiliki latar belakang teknis.

  1. Buat Narasi yang Menarik

Ciptakan narasi yang menarik dan relevan dengan kegiatan atau acara yang dilaksanakan. Gunakan kutipan dari orang yang terkait dengan kegiatan atau acara tersebut untuk menambah nilai dan memberikan sudut pandang yang berbeda.

Contoh Menulis Press Release

Contoh Menulis Press Release Agar Dimuat di Media Massa

Berikut ini adalah contoh press release yang efektif:

Judul: Acara Konser Amal untuk Anak-anak Terlantar

Jakarta, 11 Februari 2023 – Organisasi Amal XYZ akan menyelenggarakan konser amal untuk membantu anak-anak terlantar di seluruh Indonesia. Acara ini akan diadakan pada tanggal 20 Februari 2023 di Gedung Kesenian Jakarta dan akan menampilkan artis ternama seperti A, B, dan C.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap kondisi anak-anak terlantar di Indonesia dan mengumpulkan dana untuk membantu mereka mendapatkan pendidikan dan perawatan yang layak. Menurut data dari Kementerian Sosial, saat ini terdapat lebih dari 5 juta anak yang terlantar di Indonesia.

“Kami berharap acara ini dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak terlantar di Indonesia,” ujar John Doe, President of XYZ Charity Organization. “Kami sangat berterima kasih kepada para seniman yang berpartisipasi dalam acara ini dan kepada para donatur yang telah mendukung kami.

Media massa memainkan peran penting dalam membantu perusahaan, lembaga atau organisasi untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk, jasa, kegiatan atau isu yang sedang diangkat. Salah satu cara untuk mendapatkan publikasi di media massa adalah dengan menulis press release yang menarik dan sesuai dengan standar jurnalistik.

Dalam artikel ini, telah dijelaskan beberapa contoh menulis press release agar dimuat di media massa, seperti menentukan headline yang menarik, menambahkan kutipan, menampilkan fakta, menempatkan informasi paling penting di awal, dan memberikan kontak yang mudah dihubungi. Ini juga termasuk pada contoh promosi publisitas pada produk usaha.

Penutup

Menulis press release yang efektif dan menarik memerlukan pengaturan dan penyusunan yang baik. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dan dimuat oleh media massa. Dengan menggunakan tips dan contoh yang dijelaskan dalam artikel ini, diharapkan dapat membantu Anda menulis press release yang lebih baik dan meningkatkan kemungkinan publikasi di media massa.

Namun, perlu diingat bahwa kualitas dan relevansi informasi yang disampaikan juga menjadi faktor utama dalam menarik perhatian media massa. Oleh karena itu, pastikan informasi yang disampaikan bernilai dan bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat.

Baca juga: Bentuk Publisitas Dalam Dunia Bisnis Beserta Penjelasannya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 16 =