Definisi Grand Opening, Strategi dan Contoh Sukses: Opening Penting Untuk Bisnis Baru

Definisi Grand Opening, Strategi dan Contoh Sukses: Opening Penting Untuk Bisnis Baru

Saat membuka usaha, pelaku komersial biasanya mengumumkan usahanya kepada masyarakat. Ada yang kecil, sedang dan ada yang besar. Pembukaan berskala besar ini dikenal dengan istilah grand opening.

Kami akan membahas lebih detail apa itu grand opening, mengapa grand opening penting untuk bisnis baru, dan strategi untuk menyelenggarakan grand opening yang sukses dan menguntungkan untuk bisnis kita. Simak penjelasan berikut ini.

Definisi Grand Opening

Secara harfiah grand opening adalah pembukaan atau grand opening. Grand opening adalah publikasi atau pemberitahuan kepada masyarakat tentang adanya suatu usaha atau usaha baru yang produk atau jasanya dapat dinikmati oleh masyarakat.

Mengutip studi kasus di dewey.petra.ac.id, salah satu contoh grand opening adalah pembukaan usaha taman hiburan yang melibatkan media yang sesuai dengan tujuan agar masyarakat dapat mengetahui dan mengingat informasi tentang taman hiburan tersebut.

Sedangkan menurut situs netecho.info, grand opening merupakan acara sosial yang bertujuan untuk memperkenalkan bisnis atau bisnis baru kepada komunitas atau komunitas yang menjadi target bisnis dalam jumlah besar.

Alasan Penting Grand Opening Bisnis

opening penting untuk bisnis baru

Menurut Kristen Bennett, grand opening penting bagi sebuah bisnis karena dapat membantu bisnis menarik pelanggan baru, menciptakan ‘buzz’ atau gema di kalangan publik, menarik perhatian media massa, serta menunjukkan inisiatif dan itikad baik untuk bisnis lain. di sekitar mereka. Berikut penjelasan lengkapnya mengutip smallbusiness.chron.com.

1. Menggaet Pelanggan Baru

Tujuan utama pembukaan adalah untuk memperkenalkan toko baru untuk menarik pelanggan baru. Para pelaku bisnis harus ingat bahwa bisnis mereka tidak dikenal, sehingga mereka akan melakukan yang terbaik untuk memperkenalkan bisnis tersebut kepada publik.

Salah satu taktik yang digunakan saat grand opening adalah mengajak pengunjung untuk mencoba produk baru dan memberikan diskon khusus untuk grand opening.

2. Menciptakan Gaung Sehingga Dibicarakan Banyak Orang

Tidak hanya menyadarkan masyarakat akan hadirnya bisnis baru ini, grand opening juga bermanfaat untuk menciptakan gebrakan atau gebrakan di kalangan khalayak. Semakin banyak orang yang membicarakan bisnis baru kami, semakin banyak pula orang yang mengetahui keberadaan kami di tengah persaingan pasar.

Ukuran keberhasilan sebuah grand opening sebelum soft opening, menurut Bennett, adalah seberapa banyak orang membicarakan tentang pembukaan bisnis baru tersebut.

3. Menarik Perhatian Media

Media massa merupakan cara yang efektif untuk segera memperkenalkan sesuatu kepada masyarakat luas. Kami berharap grand opening yang menarik ini dapat menarik perhatian media agar semakin banyak orang yang mengetahui program opening kami.

Biasanya cara yang dilakukan pada grand opening yang akan diliput media adalah menggunting pita atau melakukan tindakan simbolis lainnya sebagai upacara resmi.

4. Tunjukkan Inisiatif dan Niat Baik Kepada Perusahaan Lain 

Saat memasuki pasar, perusahaan baru bertemu dengan perusahaan lama di sekitar mereka. Grand opening ini bisa menjadi semacam pengumuman dan “permisi” bahwa bisnis baru akan bersaing di tengah pasar.

Bukan berarti mengajak pengusaha lain untuk bersaing secara terbuka. Justru di era kolaborasi sekarang ini bisa menjadi ajakan bagi perusahaan lain untuk berkolaborasi dengan perusahaan kita.

Strategi Grand Opening

Ada banyak strategi yang bisa digunakan untuk menyukseskan pembukaan bisnis baru kita.  Berikut opsi strategis, seperti dilansir situs managementhelp.org dan localiq.com.

1. Pasang Tanda di Depan Lokasi Bisnis

Cara pertama yang bisa dilakukan yang tergolong tradisional adalah memasang tanda di depan lokasi usaha kita. Misalnya dengan kata ‘coming soon’ atau ‘coming soon’. Tujuannya adalah untuk menginformasikan kepada publik bahwa akan ada bisnis baru di tempat tersebut dalam waktu dekat.

Bila perlu cantumkan juga kode QR atau alamat website pada banner agar masyarakat yang melihatnya dapat mengetahui informasi lebih lengkap mengenai bisnis baru yang akan kita buka.

2. Jangkau Target Pasar Melalui Iklan Internet

Sekarang lebih mudah untuk memasang iklan di media online atau layanan Internet lainnya. Kita dapat memanfaatkan iklan internet ini untuk menjangkau target pasar kita. Memasang iklan berupa pengumuman pada saat resmi dibukanya bisnis baru kami, serta berbagai agenda dan keuntungan yang akan diberikan kepada pelanggan baru.

3. Gaet Audiens Melalui Media Sosial

Kita juga bisa menarik perhatian publik lebih awal melalui media sosial. Hal ini banyak dilakukan oleh perusahaan baru karena tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak. Unduh postingan berisi informasi tentang grand opening dan produk/layanan baru yang akan ditawarkan.

Jangan lupa untuk menciptakan interaksi dengan masyarakat melalui media sosial. Kami juga dapat “meminta” publik untuk membagikan atau berbagi akun media sosial profesional kami dengan lebih banyak orang.

Contoh Grand Opening

Berikut beberapa contoh bukaan besar yang bisa menjadi inspirasi Anda:

1. Memberikan Penawaran Khusus

Mengutip eprints.kwikkiangie.ac.id, salah satu cleaner memberikan penawaran khusus saat grand opening berupa diskon 75% selama tiga hari setelah grand opening.

2. Diskon untuk Jumlah Pengunjung Terbatas

Evita Purnamasari dalam buku Ide Bisnis dengan Modal Tipis 500 Ribu mencontohkan, perusahaan bisa memberikan diskon kepada pengunjung dalam jumlah terbatas saat grand opening. Misalnya hanya untuk 100 pembeli atau pengunjung pertama yang memenuhi kriteria tertentu.

3. Memanfaatkan Strategi IMC

Integrated Marketing Communication (IMC) dilaksanakan sebelum peresmian tempat wisata di Jawa Timur. Mengutip dewey.petra.ac.id, tim publikasi mengumumkan bahwa objek wisata ini merupakan satu-satunya objek wisata yang memadukan unsur iptek dan hiburan secara inovatif dan kreatif serta selalu melakukan penyesuaian di bidang iptek.

Objek wisata ini menawarkan berbagai jenis fasilitas yang memenuhi kebutuhan rekreasi dan belajar yang sulit ditemukan di tempat belajar biasa, yaitu ruang kelas atau sekolah. Dalam hal ini, mereka menerapkan strategi mengintegrasikan nilai-nilai ke dalam pembukaan resmi, yakni pembelajaran yang sedang trend saat ini dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak perlu di sekolah.

Baca juga: Pengertian Publisitas dan Unsur-unsur Publisitas 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 13 =