Harga Borongan Bangunan 2023: Update Terbaru Dan Cara Hitung

Harga borongan bangunan 2023

Apakah Anda sedang berencana untuk membangun atau merenovasi rumah Anda? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui harga borongan bangunan 2023 yang terbaru dan cara menghitungnya. 

Harga borongan bangunan adalah harga yang dibayar kepada tukang atau kontraktor untuk mengerjakan seluruh atau sebagian pekerjaan pembangunan rumah, termasuk material dan upah tenaga kerja. 

Harga borongan bangunan biasanya lebih murah dan praktis daripada harga harian, karena Anda tidak perlu repot mengurus material dan mengawasi pekerjaan tukang setiap hari. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih tukang atau kontraktor yang profesional dan berkualitas, agar hasil pekerjaan sesuai dengan harapan Anda.

Update Harga Borongan Bangunan 2023

Harga borongan bangunan 2023

Setelah membahas cara membersihkan kolam renang sebelumnya. Kali ini masuk dalam pembahasan harga borongan bangunan. 

Harga borongan bangunan 2023 tentunya berbeda-beda tergantung pada jenis pekerjaan, luas bangunan, lokasi, kualitas material, dan tingkat kesulitan pekerjaan. Berikut ini adalah kisaran harga borongan bangunan per meter persegi untuk rumah standar:

  • Pekerjaan persiapan: Rp 50.000 – Rp 60.000
  • Pekerjaan pondasi dan galian: Rp 80.000 – Rp 100.000
  • Pekerjaan beton bertulang: Rp 40.000 – Rp 60.000
  • Pekerjaan pemasangan batu bata: Rp 90.000 – Rp 100.000
  • Pekerjaan kusen: Rp 75.000 – Rp 150.000 per unit
  • Pekerjaan rangka atap: Rp 90.000 – Rp 100.000
  • Pekerjaan pemasangan plafon: Rp 30.000 – Rp 40.000
  • Pekerjaan pemasangan keramik: Rp 30.000 – Rp 50.000
  • Pekerjaan instalasi listrik: Rp 70.000 – Rp 80.000 per titik
  • Pekerjaan sanitasi: Rp 15.000 – Rp 180.000 per unit

Dengan demikian, jika Anda ingin membangun rumah dengan luas 100 meter persegi, maka perkiraan biaya borongan bangunan yang Anda butuhkan adalah sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta.

Cara Menentukan Harga Borongan Bangunan

Untuk menentukan harga borongan bangunan 2023 yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan selain menghitung volume galian, yaitu:

  • Tentukan konsep desain rumah yang Anda inginkan, termasuk bagian-bagian yang akan dibangun atau direnovasi, ukuran, bentuk, warna, dan material yang akan digunakan.
  • Cari tukang atau kontraktor yang profesional dan berkualitas, dengan melihat portofolio, testimoni, atau rekomendasi dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya.
  • Mintalah penawaran harga borongan bangunan 2023 dari beberapa tukang atau kontraktor yang Anda pilih, dan bandingkan harga, kualitas, dan waktu pengerjaannya.
  • Negosiasikan harga borongan bangunan dengan tukang atau kontraktor yang Anda pilih, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti luas bangunan, jenis pekerjaan, kualitas material, tingkat kesulitan pekerjaan, dan keuntungan yang diharapkan oleh tukang atau kontraktor.
  • Buat perjanjian kerjasama yang jelas dan tertulis dengan tukang atau kontraktor yang Anda pilih, yang mencakup rincian pekerjaan, harga borongan bangunan, jadwal pembayaran, jaminan kualitas, dan sanksi jika ada kesalahan atau keterlambatan.

Persiapan Sebelum Merenovasi Rumah

Harga borongan bangunan 2023

Sekarang Anda sudah memahami berbagai harga borongan bangunan 2023. Namun, sebelum Anda merenovasi rumah Anda, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan, agar proses renovasi berjalan lancar dan sesuai dengan rencana, yaitu:

Buat Anggaran

Buat anggaran yang realistis dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Sediakan juga dana cadangan sekitar 10-20% dari anggaran awal, untuk mengantisipasi biaya tambahan atau keadaan darurat.

Pilih Waktu Yang Tepat

Pilih waktu yang tepat untuk merenovasi rumah Anda, misalnya saat musim kemarau, saat liburan sekolah, atau saat Anda tidak terlalu sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Lakukan Renovasi Secara Bertahap

Lakukan renovasi secara bertahap, mulai dari bagian yang paling penting atau mendesak, hingga bagian yang kurang penting atau bisa ditunda. Hal ini akan membantu Anda mengatur prioritas, waktu, dan biaya renovasi.

Bekerjasama Dengan Tukang

Bekerja sama dengan tukang atau kontraktor yang Anda pilih, dengan memberikan instruksi yang jelas, mengawasi pekerjaannya secara rutin, memberikan masukan atau kritik yang konstruktif, dan membayar sesuai dengan perjanjian.

Siapkan Tempat Tinggal Sementara

Siapkan tempat tinggal sementara jika renovasi rumah Anda membutuhkan waktu yang lama atau mengganggu kenyamanan Anda. Anda bisa menyewa rumah, apartemen, hotel, atau menginap di rumah keluarga atau teman.

Kesimpulan Akhir

Harga borongan bangunan adalah harga yang dibayar kepada tukang atau kontraktor untuk mengerjakan seluruh atau sebagian pekerjaan pembangunan rumah, termasuk material dan upah tenaga kerja. Pahami juga metode pelaksanaan pekerjaan tersebut. Demikianlah penjelasan mengenai harga borongan bangunan 2023.

Baca Juga: Biaya Pembuatan Kolam Renang: Cara Menghitung Dan Tips Hemat


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + seventeen =