5 Jenis Gudeg di Yogyakarta yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis Gudeg di Yogyakarta
Jenis Gudeg di Yogyakarta

Jenis Gudeg di Yogyakarta – Ingin mencoba cita rasa asli Jogja? Gudeg adalah suatu keharusan. Gudeg dimasak dari nangka muda dengan santan dan terkenal dengan rasanya yang manis dan asli. Biasanya gudeg disantap dengan sambal krecek yang terbuat dari potongan kulit sapi. Agar lebih lengkap, Anda juga bisa menambahkan lauk pauk seperti telur dan ayam.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada berbagai jenis Gudeg di Yogyakarta. Tidak hanya gudeg lucu yang banyak dikenal, ada beberapa jenis gudeg lain yang memiliki cita rasa religi.

Dari Gudeg yang hangat, pedas dan pedas hingga yang sangat unik, semuanya sudah termasuk. Agar tidak bingung, lfatb hadir di sini sejumlah restoran Gudeg beserta alamat, harga, dan informasi lainnya.

1. Gudeg garing yang gurih mampu menyentak lidah. Ini bisa memakan waktu lebih lama dan sangat cocok untuk suvenir.

Jenis gudeg di Yogyakarta seperti namanya, gudeg kering disajikan kering tanpa kuah areh. Rasanya lebih manis karena dimasak berjam-jam hingga kuahnya kembali dan bumbunya meresap. Gudeg ini dapat digunakan sebagai oleh-oleh karena tahan 24 jam tanpa dimasukkan ke dalam lemari es. Berikut adalah beberapa restoran gudeg kering paling legendaris di Yogyakarta:

GUDEG YU DJUM

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Ini dia salah satu warung makan gudeg terpopuler di Jogja! Selain dikonsumsi langsung, bisa juga dibungkus dengan besek (wadah dari anyaman bambu) dan kendil (pot). Saat ini sejumlah cabang ada di Jalan Kaliurang, Jalan Adisucipto, Wates, Wonosari dan lain-lain.

GUDEG YU NARNI

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Rasa Gudeg Yu Narni tidak terlalu manis dan sedikit asin. Dengan tambahan berbagai bumbu, Gudeg kering ini dapat disimpan di suhu ruangan sepanjang hari. Saat ini sudah memiliki beberapa cabang.

GUDEG MBAREK BU HJ. AMAD

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Buka sejak pagi, Gudeg Bu Hj. Amad bisa menjadi tempat sarapan yang pas. Hanya dengan puluhan ribu, Anda sudah bisa menikmati sepiring nasi hangat dengan gudeg nangka, sambal kracek, dan tempe, serta berbagai lauk pauk seperti telur dan ayam. Nikmati!

2. Dengan tambahan kuah, Gudeg basah jadi lebih enak. Rasa manisnya juga berkurang dan bisa lebih diterima masyarakat luar Yogyakarta

Gudeg Basah merupakan jenis gudeg yang paling populer dan mudah ditemukan di Yogyakarta. Sepiring gudeg semakin nikmat dengan kuah wortel atau santan kental. Bahkan bisa dimakan dengan bubur untuk sarapan! Di bawah ini adalah beberapa tempat terkenal yang menjual Gudeg Basah di Yogyakarta:

GUDEG SAGAN

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Bosan makan gudeg dengan nasi? Di Gudeg Sagan, Anda bisa mengganti nasi dengan bubur. Sensasinya beda banget tapi tetep enak. Sungguh nikmat saat kuah gudeg yang gurih berpadu dengan bubur yang lembut di lidah.

GUDEG PAWON

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Ingin menikmati suasana malam Jogja? Anda bisa melakukannya di Restoran Gudeg Pawon sambil menikmati sepiring Gudeg yang lezat. Lokasi jenis gudeg di Yogyakarta yang satu ini tempatnya agak terpencil dan sempit, tetapi Gudeg pawon adalah salah satu yang paling legendaris di kota ini.

PERMATA GUDEG

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Jika Anda menyukai Gudeg basah, cobalah Gudeg Permata Bu Pujo. Biasanya penjual menuangkan kuah areh dalam jumlah banyak di sana. Dengan kombinasi berbagai lauk pauk seperti telur dan tempe bacem, kuliner malam di Jogja semakin asyik.

3. Gudeg Mercon Cabe rawit cocok untuk anda yang suka makanan pedas. Dijamin puas dan peluh saat makan Menyantap

Siapa bilang Gudeg harus imut? Jenis gudeg di Yogyakarta dengan sebutan Gudeg mercon cocok untuk yang suka pedas. Dengan sejumput cabai rawit, gudeg ini bisa beraroma dan membuat ketagihan. Sangat enak! Berikut tempat jual Gudeg Mercon :

GUDEG MERCON BU TINAH

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Jika Anda sering lapar di malam hari, Gudeg Mercon Bu Tinah bisa menjadi solusi yang enak dan mengenyangkan. Warung lesehan ini menawarkan sepiring gudeg pedas dengan berbagai lauk pauk seperti ceker goreng tepung, sate ayam dan masih banyak lagi.

GUDEG MERCON YU YAM

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Di sini Anda bisa menikmati sepiring kembang api gudeg tajam di malam hari. Ada juga berbagai olahan kerupuk pan seperti Darmkracher, Kieskracher dan masih banyak lagi. Warung ini juga menjual bubur yang cocok untuk sarapan pagi.

4. Ingin Gudeg yang tahan lama dikirim ke luar kota? Beli saja Gudeg dari kaleng, bisa bertahan hingga 1 tahun!

Dikemas dalam kaleng dengan desain modern, gudeg jenis ini sangat cocok untuk oleh-oleh. Rasanya tidak sesegar gudeg biasa, tapi gudeg kalengan bisa bertahan hingga 1 tahun! Berikut tempat jual Gudeg kalengan :

GUDEG BU TJITRO

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Selain Gudeg segar biasa, Gudeg Bu Tjitro juga menjualnya dalam bentuk kaleng. Sebuah kaleng seberat 265 gram dapat dibagi menjadi 2-3 porsi. Rasanya hampir sama dengan gudeg biasa. Panaskan saja 5 menit sebelum makan.

GUDEG BU LIES

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Terletak di pusat Gudeg Wijilan, tempat ini menjual Gudeg biasa dan Dosengudeg. Untuk Gudeg kaleng, Gudeg Tahu Telur dalam kaleng, Gudeg Oseng-Oseng-Mercon, Gudeg Vegetarian dan masih banyak lagi ada di menu. Ini bagus untuk oleh-oleh!

5. Bosan dengan Gudeg yang biasa-biasa saja guys? Cobalah sesuatu yang lebih unik seperti Gudeg Manggar, Gudeg Nyemek, dan Gudeg Koyor

Ternyata gudeg tidak hanya terbuat dari nangka muda. Ada berbagai macam enak lainnya lo lo! Contohnya adalah Gudeg Manggar, Gudeg Koyor, Gudeg Nyemek, Gudeg Cakar, Gudeg Pecel dan lain-lain. Berikut restoran yang menawarkan Gudeg yang unik dan lezat:

GUDEG MANGGAR BU JUMILAN

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Gudeg Manggar terbuat dari pelepah kelapa dan memiliki tekstur yang lebih kasar dari Gudeg biasa. Gudeg ini aman untuk penderita maag karena tidak mengandung gas dan rasanya tidak terlalu manis. Gudeg Manggar Bu Jumilan juga mudah ditemukan karena berada di sebelah pasar.

GUDEG CEKER DAN KOYOR BU SUM

Jenis Gudeg di Yogyakarta

Gudeg ceker dan gudeg koyor, adalah dua jenis gudeg unik yang dijual disini. Seperti namanya, ceker gudeg dilengkapi dengan garnish yang terbuat dari ceker ayam yang keras. Sementara itu, Gudeg Koyor dengan urat daging sapi yang gurih ditambahkan. Ini membuat ketagihan!

Itulah beberapa rumah makan di Yogyakarta yang menjual Gudeg. Ternyata menu dan harganya sangat bervariasi! Pilih saja yang Anda inginkan. Ingat, jika Anda belum mencoba Gudeg, Anda tidak akan sah tinggal atau berlibur di Jogja.

Demikian ulasan lfatb Jenis Gudeg di Yogyakarta Yang Wajib Kamu Ketahui, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda. /Aha

Baca Juga: 8 Daftar Tempat Wisata Bandung Murah Meriah Tentunya Aman untuk Isi Kantong

You may also like...