Pemula, Ketahui Jenis-Jenis Blog Sebelum Menjadi Blogger

Pemula, Ketahui Jenis-Jenis Blog Sebelum Menjadi Blogger
Pemula, Ketahui Jenis-Jenis Blog Sebelum Menjadi Blogger

Jenis-jenis Blog – Blog menjadi salah satu sumber informasi yang cepat diakses untuk menemukan berbagai konten maupun artikel yang sedang dibutuhkan. Jadi tak heran jika blog menjadi salah satu media yang cukup populer dan banyak digunakan saat ini.

Blog atau singkatan dari Weblog adalah jenis website yang memuat berbagai informasi dari berbagai sumber dan memuat konten-konten menarik seperti artikel, foto, video, dan masih banyak lainnya. Jika anda tertarik ingin tahu cara membuat blog, tentu hal pertama yang harus anda ketahui adalah mengenai jenis-jenis blog yang ada saat ini.

cara membuat blog

Blog Pribadi

Sesuai dengan Namanya, jenis-jenis blog yang satu ini bisa dimanfaatkan masing-masing orang hanya sekedar untuk berbagi informasi terbaru yang didapatkan dari pengalaman maupun menambahkan kutipan dari berbagai narasumber yang terpercaya.

Bisa dikatakan blog pribadi menjadi blog-blog pada umumnya yang banyak digunakan seseorang untuk mengisi waktu luang dengan membagikan hal-hal yang berasal dari kehidupan sehari-harinya.

Karena pada dasarnya merupakan catatan online public, tentu topik yang diangkat bisa berbagai hal. Biasanya blog pribadi tidak bertujuan untuk mendapatkan uang. Akan tetapi banyak orang yang memang menyukai kegiatan blogging untuk sekedar mengisi kegiatan sehari hari.

Blog Otoritas atau Authority Blogs

Jenis-jenis blog yang ada lainnya adalah Blog Otoritas atau Authority Blogs, dimana tujuan blog ini dibuat adalah untuk menjadi ahli pada tema yang dibahas. Sehingga jenis blog ini biasanya dibuat oleh blogger-blogger serius.

Blog semacam ini bukan hanya mencari pengunjung dari mesin pencari saja, namun juga berusaha menggaet dari social media lainnya. Sehingga meskipun tidak ada mesin pencari sekalipun, blog otoritas ini masih memiliki traffic yang tinggi dari social media.

Untuk masalah topik atau tema yang diangkat, biasanya mereka tidak mementingkan keyword. Sehingga tidak heran jika blog otoritas bisa membagikan ratusan hingga ribuan konten berkualitas dikarenakan tema yang diangkat sangat luas.

Blog Perusahaan atau Blog Bisnis

Beberapa tahun belakangan ini, ada banyak perusahaan yang menambahkan sebuah blog ke dalam website mereka. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan blog untuk saran informasi maupun pengumuman penting, memperkenalkan produk baru, hingga berkomunikasi dengan konsumen.

Jenis-jenis blog yang satu ini lebih mengarahkan pembuatan konten sekaligus pemasaran digital (content marketing). Sehingga dibutuhkan Teknik SEO yang baik agar dapat menunjang kualitas konten dan informasi yang dibagikan sehingga dapat mencapai posisi pertama dalam mesin pencarian Google.

Blog Niche

Untuk jenis-jenis blog yang satu ini lebih memfokuskan diri pada kata kunci tertentu agar dapat masuk ke halaman pertama mesin pencarian. Sehingga untuk pembuatan jenis blog niche seperti ini memiliki pola yang berurutan. Mulai dari meriset kata kunci, membuat konten, dan kemudian mengoptimasi di mesin pencari.

Blog niche ini sangat menggantungkan pada pengunjung yang didapatkan dari mesin pencari terutama Google. Sehingga banyak pemilik blog niche seperti ini akan mencari backlink dari berbagai sumber sehingga membuat blog mereka dapat masuk ke halaman teratas pencarian pada kata kunci yang ditargetkan.

Mengingat pengunjung yang ditargetkan hanya menggantungkan dari mesin pencari, maka kelemahan dari jenis blog ini adalah jumlah atau traffic pengunjung bisa menurun dalam waktu sekejap jika algoritma pencarian Google telah diperbarui.

Blog Spam

Berbeda dengan jenis-jenis blog lain yang sudah dijelaskan sebelumnya, blog spam tidak memperhatikan kualitas konten yang dibagikan. Pembuatan blog semacam ini sebenarnya sangat mudah dan bahkan bisa dibuat dalam jumlah massif.

Pemilik jenis blog ini hanya perlu memanfaatkan software atau kode tertentu yang digunakan untuk mengambil konten milik orang lain sehingga dengan mudah mereka dapat mengisi konten.

Meskipun mudah pembuatannya, tak jarang blog spam seringkali mendapatkan complain dari pemilik konten aslinya karena adanya pelanggaran hak cipta. Bukan hanya itu tentu saja jenis-jenis blog ini akan mudah dibersihkan dari hasil pencarian Google.

Setelah mengetahui jenis-jenis blog yang ada, kini anda bisa dengan mudah menentukan jenis-jenis blog manakah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan begitu, akan mudah bagi anda untuk mengisi konten dan artikel di dalamnya serta mengoptimasinya di mesin pencarian.

Baca Juga: Layanan Backlink Pbn Terbaik Untuk Meningkatkan Ranking Website

You may also like...