Informasi Liburan Backpacker di Labuan Bajo

Liburan Backpacker di Labuan Bajo

Backpacker di Labuan Bajo – Waktu liburan yang ditunggu-tunggu pastinya akan dihabiskan dengan pergi ke tempat yang berkualitas. Salah satu tempat di Indonesia yang kaya akan keindahan adalah Labuan Bajo, desa yang berada di NTT. Saat ini, jenis liburan backpacker ke Labuan Bajo menjadi yang paling diminati wisatawan.

Berlibur tidak harus mahal, dengan liburan ala backpacker tentu biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Meski demikian, masih banyak hal yang bisa dilakukan dan dinikmati. Budget yang minim tidak menghalangi liburan dan berkunjung ke berbagai tempat. Seperti laut, gunung, hingga pulau komodo semua masih bisa dinikmati.

Hal yang membuat penasaran banyak orang adalah mengenai berapa biaya yang dibutuhkan selama liburan ala backpacker seperti ini. Lalu tips-tips yang perlu dilakukan agar liburan semakin menyenangkan sampai bisa menghemat juga penting. Maka dari itu, semua hal tersebut akan dibahas tuntas berikut ini:

Biaya yang Dibutuhkan Selama Trip ala Backpacker di Labuan Bajo

Biaya yang dibutuhkan agar bisa trip ke Labuan Bajo sampai selesai tentu harus dihitung secara cermat. Hal-hal yang termasuk dalam biaya tersebut adalah transportasi, penginapan, makan, dan tiket tempat wisata. Tidak hanya itu, biasanya wisatawan perlu menyewa motor agar lebih mudah menuju ke tempat wisata.

Semua hal tersebut tentu memiliki rincian anggaran yang harus dikeluarkan. Misalnya saja untuk transportasi yang tentunya memakan banyak biaya. Umumnya memerlukan biaya 2 juta rupiah untuk pulang pergi menuju Labuan Bajo. Semakin jauh jarak rumah ke sana, maka semakin banyak pula pengeluarannya.

Sedangkan untuk penginapan, perlu uang sekitar 300 ribu. Uang makan menghabiskan 200 ribu selama 3 hari. Tiket untuk empat tempat wisata adalah sekitar 400 ribu. Saat memang diperlukan, biaya sewa motor sekitar 250 ribu selama tiga hari pula. Jika dijumlah, maka yang perlu dikeluarkan sekitar 3 juta rupiah.

Tips Penting Saat Liburan Backpacker di Labuan Bajo

Backpacker di Labuan Bajo
https://www.ourtasteforlife.com/

Menjadi wisatawan backpacker ke Labuan Bajo pasti tidak mudah. Apalagi untuk pemula, pastinya perlu beberapa tips jitu agar liburan semakin menyenangkan. Selain itu, beberapa tips berikut juga bisa menghemat pengeluaran selama liburan. Jika menerapkan tips-tips yang ada, maka akan minim terjadinya kendala.

Tips yang akan dibahas merupakan tips penting untuk siapapun yang ingin berlibur ke Labuan Bajo. Adanya tips dan trik adalah sebagai panduan bagi wisatawan pemula yang masih awam dengan Labuan Bajo. Tidak perlu ragu untuk menerapkannya karena pasti akan sangat bermanfaat bahkan selama liburan di sana.

Perencanaan liburan yang matang harus dipikirkan jauh-jauh hari. Beberapa tips ini bisa dijadikan acuan untuk perencanaan yang akan dibuat. Entah liburan sendiri atau dengan banyak orang, pastinya tips ini akan sangat membantu. Penasaran ada apa saja? Simak ulasan lengkap berikut ini:

1. Tentukan Maskapai Penerbangan

Maskapai penerbangan yang akan dipilih juga sangat penting. Pastikan memilih maskapai dengan harga terjangkau tapi masih dengan kualitas yang baik. Harga yang relatif rendah tentunya bisa menghemat pengeluaran. Biasanya beberapa maskapai akan memberi promo pada waktu-waktu tertentu.

Namun, perhatikan juga kualitas dan fasilitasnya. Tidak jarang maskapai penerbangan yang memberikan harga murah namun dengan kualitas yang jauh berbeda dengan harga yang diberikan. Pastikan memilih maskapai dengan fasilitas dan kualitas yang benar-benar dibutuhkan. Harga murah bisa saja membuat kurang berhati-hati saat memutuskan.

2. Saat Low Season adalah Waktu yang Tepat

Waktu liburan akhir tahun memang waktu yang biasanya digunakan untuk berlibur. Namun, waktu tersebut seharusnya dihindari jika ingin berlibur dengan harga yang lebih murah. Biasanya saat hari penting seperti akhir tahun, harga tiket wisata akan melonjak tinggi. Selain itu, akan ada banyak wisatawan lain sehingga akan sangat ramai.

Belum lagi saat hujan, akhir tahun juga identik dengan musim penghujan. Ini bisa membuat waktu liburan jadi terhambat dan akan membutuhkan banyak uang. Usahakan pergi ke Labuan Bajo pada pertengahan tahun sekitar bulan Juli hingga September. Waktu ini sangat tepat karena jauh dari hujan dan keramaian.

3. Pergi Secara Berkelompok

Tips untuk menjadi backpacker ke Labuan Bajo lainnya adalah pergi berlibur secara berkelompok. Pergi berlibur bersama-sama bisa memberi banyak manfaat. Salah satunya adalah bisa menghemat pengeluaran. Hal ini dikarenakan jika bersama-sama, maka semua kebutuhan bisa dibayar secara patungan.

Selain itu, jika berkelompok maka akan saling menjaga satu sama lain. Terbilang lebih aman dibanding sendirian. Jadi, ada banyak sekali manfaat yang akan didapat saat berlibur dengan banyak orang. Berlibur sendiri tidak selamanya menjadi ide bagus selagi ada cara yang lebih tepat. Murah dan aman adalah kombinasi yang pas.

4. Jangan Boros untuk Makanan

Makan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi saat liburan. Namun, hal tersebut masih bisa dihemat dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan membawa lauk yang awet dari rumah. Abon bisa dipertimbangkan untuk dibawa. Menu ini bisa dijadikan lauk dan tidak perlu membeli di luar.

Atau kalau tidak suka membawa banyak barang, bisa juga memilih tempat makan yang murah. Labuan Bajo juga memiliki beberapa tempat makan murah pilihan. Penting juga untuk mengatur keuangan untuk makan. Sebisa mungkin jangan membeli makanan dengan harga di luar anggaran. Karena hal ini bisa menyebabkan pemborosan.

5. Membuat Itinerary Sendiri

Labuan Bajo memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah. Pasti sebagai wisatawan yang baru pertama kali kesana, mengunjungi semua tempat wisata rasanya adalah sebuah kewajiban. Tapi ternyata, hal ini tidak diperlukan karena bisa mengeluarkan banyak biaya. Sangat disarankan untuk membuat daftar tempat yang memang perlu untuk dikunjungi.

Konsultasi dengan warga sekitar juga perlu, agar tahu tempat mana saja yang paling menarik. Hal terpenting jika menjadi backpacker ke Labuan Bajo adalah menikmati waktu yang ada. Jadi tidak harus mengunjungi semuanya, pilih beberapa tempat saja. Selain bisa menghemat, juga bisa menyimpan banyak tenaga.

6. Perlu untuk Mengkombinasikan Perjalanan Darat dan Udara

Berbicara tentang cara perjalanan, ada cara jitu untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Perjalanan udara tentu saja dengan pesawat, sedangkan perjalanan darat bisa ditempuh dengan bus. Agar bisa sampai di Labuan Bajo, bus bisa dinaiki dari Lombok dengan menghabiskan waktu sehari semalam.

Cara kombinasi ini bisa dilakukan jika ingin menghemat pengeluaran. Karena ongkos bus yang dibayarkan sudah termasuk uang makan dan biaya menyeberang. Terhitung lebih murah menggunakan cara kombinasi ini dibandingkan terus menggunakan jalur udara. Sebagai wisatawan handal, cara ini perlu untuk diterapkan.

7. Pilih Live on Board untuk Mendapat Paket Murah

Tips terakhir menghemat adalah dengan memilih paket untuk 4 hari dan 3 malam dengan harga 1,5 juta untuk berlayar. Harga ini terbilang murah dibanding harga sewa sehari yang dipatok sebesar 250 ribu per orang. Tidak hanya berlayar, tapi juga bisa berkunjung ke beberapa spot wisata di Labuan Bajo.

Itulah rincian harga dan tips yang diperlukan backpacker ke Labuan Bajo. Semua informasi tersebut sangat penting jika ingin segera berlibur. Berkelompok atau sendiri bukan lagi masalah jika sudah menerapkan beberapa tips tersebut. Jangan lupa untuk membuat rencana matang sebelum berangkat agar tidak menemukan kendala.

Demikian ulasan Informasi Liburan Backpacker di Labuan Bajo yang bisa saya sampaikan, semoga menjadi informasi yang dapat menginspirasi perjalanan liburan Anda.

Baja juga: Rumah Pohon Curug Ciherang Wisata Kabupaten Bogor Dengan Spot Foto Menarik

You may also like...