3 Tips Orang Tua Mengenalkan Musik Sejak Dini

Mengenalkan Musik Sejak Dini
Mengenalkan Musik Sejak Dini

Mengenalkan Musik Sejak Dini – Jakarta Saat ini, musik tidak hanya dikenal sebagai hiburan, tetapi juga menawarkan beberapa manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental orang dewasa dan anak-anak.

Dalam beberapa waktu terakhir, orang tua juga sudah mengambil peran aktif dalam memperkenalkan musik kepada anak-anak sejak usia dini serta dalam membangun lingkungan sekitar yang kaya dengan musik untuk anak-anak.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan peringatan Hari Musik Nasional pada tanggal 9 Maret 2019, BincangShopee menghadirkan talkshow dan workshop dengan topik “Tingkatkan kreativitas anak melalui musik”.

Bersama Studio Nada, kegiatan ini menghadirkan Riafinola (penyanyi dan ibu), Azfansadra Karim (musisi dan Head Tone Studio Program), Hoshael Erlan, M.Psi (psikolog) dan Carmen Caballero (guru musik) untuk menceritakan bagaimana musik mempengaruhi intelektual dan Dapat mendorong kreativitas pada anak.

 Mengenalkan Musik Sejak Dini

“Orang tua atau ibu khususnya memiliki kontribusi penting dan sangat erat. Misalnya, The Asian Parent menyatakan bahwa 73% ibu di Indonesia memilih Shopee sebagai platform e-commerce pilihan mereka. Kami juga melihat bahwa orang tua tertarik untuk mengajar anak-anak mereka bermain musik.

Pesanan Shopee untuk mainan anak-anak, termasuk mainan musik, naik sekitar 70% dari tahun ke tahun di bulan Februari. Dalam presentasi ini kami menghadirkan karakter parenting sekaligus musisi inspiratif untuk berbagi pengalaman tentang manfaat musik bagi anak di Talk Shopee.

Kami berharap dapat menginspirasi para orang tua untuk mengadopsi musik sejak dini dan membentuk anak-anak Indonesia menjadi generasi yang cerdas dan kreatif,” ujar Rezki Yanuar, Country Brand Manager, Shopee.

Mengingat pentingnya peran orang tua, berikut adalah 3 tips utama yang dapat dilakukan orang tua saat memperkenalkan pelajaran musik kepada anak-anaknya:

3 Tips Mengenalkan Musik Sejak Dini

1. Gerakan tubuh

 Mengenalkan Musik Sejak Dini

Musik dan gerakan adalah hal yang berkesinambungan. Kategori gerakan meliputi beberapa hal, antara lain pengenalan musik, dimana orang tua mengajari anaknya kategori gerakan tubuh atau menari mengikuti musik. Dengan cara ini, anak-anak dapat dilatih dalam pengenalan melodi musik dan keterampilan sensorik dan motorik anak dapat dilatih.

2. Perkusi tubuh

 Mengenalkan Musik Sejak Dini

Pengenalan materi ritme dan teknik menggunakan bagian tubuh sebagai alat musik. Ini merupakan aktifitas kedua dalam kategori gerakan yang diperlukan sebagai penghasil suara. Orang tua dapat memberi contoh dengan menghitung, bertepuk tangan, dan menepuk paha, kemudian menggabungkan kedua tepukan tersebut.

3. Istilah dan simbol musik

 Mengenalkan Musik Sejak Dini

Memperkenalkan simbol musik, waktu dan tempo untuk anak-anak untuk meningkatkan keterampilan intelektual dasar mereka melalui kegiatan yang menyenangkan seperti permainan, menebak gambar dan lain-lain.

Demikian ulasan Ifatb mengenai Tips Orang Tua Mengenalkan Musik Sejak Dini, semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda. /Aha

Baca Juga: Rekomendasi Kumpulan Film Komedi Indonesia yang wajib di Tonton

You may also like...