Masalah yang Biasa Ditemui Pada CCTV 

Masalah yang Biasa Ditemui Pada CCTV 

Masalah yang Biasa Ditemui Pada CCTV – Seiring berjalannya waktu, penggunaan CCTV terus meningkat. Penggunaannya tidak sebatas menjadi satpam. Saat ini, CCTV juga berguna untuk memantau kinerja karyawan dan memantau aktivitas anak di rumah selama orang tua bekerja di kantor.

Dengan penggunaan yang intensif, CCTV seringkali terganggu atau rusak, dari yang kecil hingga yang besar. Hal ini lumrah mengingat CCTV beroperasi terus menerus 24 jam sehari. Belum lagi video surveillance yang harus berhadapan langsung dengan hujan dan panas matahari jika dipasang di luar ruangan.

Nah, artikel ini memberikan informasi tentang gangguan atau masalah yang biasa ditemui pada CCTV. Ingin tahu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Beberapa Masalah yang Biasa Ditemui Pada CCTV 

Ada beberapa penyebab kerusakan pada peralatan CCTV Anda antara lain:

1. Kamera CCTV

Penyebab pertama CCTV rusak berasal dari kamera CCTV. Kamera CCTV adalah perangkat CCTV yang paling dekat dengan area yang perlu Anda pantau. Selain itu, kamera menjadi alat yang paling dekat dengan berbagai jenis gangguan internal dan eksternal.

Ada banyak alasan mengapa kamera CCTV rusak. Mulai dari gangguan arus listrik yang menyebabkan kerusakan kamera, terkena air hujan dan terik matahari juga dapat menyebabkan kerusakan CCTV. Untuk menghindarinya, Anda bisa memasang fiber guard di sekitar kamera untuk melindunginya dari sinar matahari langsung dan hujan. Periksa juga apakah ada masalah dengan catu daya atau sumber daya kamera CCTV.

Kamera yang rusak dapat menyebabkan fungsi pengawasan tidak berfungsi karena tidak ada gambar yang dapat direkam oleh DVR dan tidak ada gambar yang muncul di layar monitor.

2. DVR rusak

Penyebab kedua CCTV rusak adalah DVR atau perekaman video digital. Alat ini tidak kalah pentingnya dengan kamera dimana DVR memproses dan menyimpan gambar yang terekam dari kamera CCTV, yang kemudian diteruskan ke layar monitor. Hal yang sama berlaku untuk kamera, jika DVR tidak berfungsi dengan baik, kinerja CCTV dapat sepenuhnya terpengaruh.

DVR yang rusak dapat disebabkan oleh korsleting atau bagian yang hangus pada motherboard DVR, adaptor yang rusak, atau arus listrik yang tidak stabil. Sebelum membawanya ke service center, sebaiknya di cek dulu apakah perangkat pendukung DVR berfungsi dengan baik atau tidak.

3. Kabel CCTV

Penyebab ketiga CCTV rusak adalah kabelnya. Fitur kabel CCTV bervariasi menurut jenis dan peruntukannya. Misalnya, kabel daya yang membawa daya dari catu daya ke beberapa CCTV, atau kabel koaksial sebagai penghantar antara DVR dan kamera, atau DVR dengan layar monitor.

Kerusakan kabel dapat memiliki banyak penyebab. Mulai dari kabel yang terbakar habis dimakan rayap atau hewan pengerat, hingga kabel yang kualitasnya tidak bagus dan tidak bisa digunakan secara maksimal. Untuk mengatasinya, silahkan cek terlebih dahulu spesifikasi dan kualitas kabelnya sebelum membeli, OK!

4. Adaptor atau Power Supply

Penyebab keempat Masalah yang Biasa Ditemui Pada CCTV adalah adaptor atau power supply. Adaptor adalah bagian penghantar dan pengubah arus listrik menjadi jenis arus listrik tertentu sesuai dengan spesifikasi perangkat elektronik yang dihubungkannya. Anda bisa mengganti adaptor lama dengan yang baru jika ada kerusakan atau gangguan, agar kerusakan CCTV tidak berlangsung lama.

Jika adaptor daya rusak, periksa dulu apakah setiap perangkat yang mendukung adaptor daya berfungsi dengan efisien atau tidak. Catu daya sendiri memiliki fungsi sebagai sumber daya untuk kamera CCTV dan perangkat DVR. Jika terjadi gangguan pada peralatan ini, hal itu juga dapat mempengaruhi kinerja CCTV secara keseluruhan.

5. Port Konektor 

Penyebab terakhir dari CCTV yang rusak adalah port koneksi yang rusak. Konektor adalah rumah atau wadah di mana konektor ditempatkan. Jika port rusak atau tidak berfungsi, coba sambungkan konektor ke port lain yang masih berfungsi dengan baik.

Untuk mencegah kerusakan pada CCTV, ada baiknya untuk memeriksa peralatan CCTV secara berkala untuk menghindari kerusakan yang serius. 

Demikian ulasan tentang Masalah yang Biasa Ditemui Pada CCTV. Untuk paket dan jasa pemasangan serta Distributor cctv murah diskusikan dengan team sales Mahavision. Semoga artikel di atas bisa menambah informasi anda.

Baca Juga: Simak 5 Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Untuk Android!

You may also like...